Tingkatkan Kualitas Kontenmu dengan
ASUS VIVOBOOK A407
Taking Your Content to The Next Level
Halo Sob, sebuah laptop adalah alat tempur yang paling dibutuhkan dan wajib dipunyai oleh seorang mahasiswa seperti Saya. Mahasiswa mana sih yang nggak butuh laptop ? Dikarenakan sebagian besar tugas anak kuliahan bisa dikerjakan di Laptop, selain itu karena Laptop juga bisa dibawa kemana-mana karena mobilitasnya yang tinggi. Hampir tiap hari Saya menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas kuliah yang tiada hentinya.

Hingga sekarang Saya masih menggunakan laptop Asus lama Saya yaitu Asus X452CP yang sudah Saya gunakan kurang lebih sekitar 4 tahunan. Tentu Saja dari segi performa sudah terjadi penurunan yang signifikan karena hampir tiap hari laptop tersebut Saya gunakan terus-menerus tanpa henti sejak saya duduk di bangku kelas 1 SMK, entah itu untuk mengerjakan tugas sampai main game. Sejak tahun 2014 Saya sudah memulai terjun di dunia blogging, ya dulu awal-awal iseng-iseng nulis artikel aja di blog yang sampai sekarang sudah menjadi hobi dan pastinya sudah menghasilkan pundi-pundi uang dari beberapa blog milik Saya.

Nah, berbicara tentang blogging pasti tidak jauh kaitannya dengan yang namanya konten kreator, pas banget tema artikel kali ini Saya akan membahasa tentang mengembangkan konten Anda menjadi lebih baik. Tahun 2017-2018 ini adalah tahun-tahun di mana banyak sekali bermunculan para konten kreator muda seperti blogger dan juga youtuber yang banyak menghasilkan karya-karya yang bagus.
Blogger adalah konten kreator yang orang yang menulis di media blog yang biasanya membagikan artikel seperti tips, tutorial, dan lain-lain. Ya seperti halnya saya ini, yang dari awalnya cuma iseng-iseng nulis hingga sekarang kebiasaan tersebut sudah menjadi hobby yang menghasilkan, bahkan ada juga seseorang yang menjadikan dunia blogging sebagai tempat pekerjaan.
Selain dunia blogging, Youtuber juga salah satu hobi yang paling diminati, biasanya orang membuat konten video berupa vlog. Vlogger adalah konten kreator yang membuat video dengan konten yang bermaca-macam, contohnya video gaming, tutorial memasak, traveling, challenge, video lucu, dan masih banyak lagi. Sering kita dengar kepanjangan dari vlogger adalah Video Blogger, sama seperti halnya blogger yang menulis, vlogger menuangkan idenya berupa video yang diunggah di youtube atau media sosial lainnya.
Seperti yang Saya bicarakan sebelumnya, hingga saat ini saya masih menggunakan laptop lama saya Asus X452CP seperti pada penampakan foto diatas untuk melakukan segala aktifitas seperti mengerjakan tugas, dan juga menulis artikel di blog Saya yang lain. Kelemahan dari laptop tersebut adalah dari segi spesifikasi, ketika dulu sewaktu saya mencoba menggunakan photoshop dan ingin membuat desain info grafis pun laptop ini sudah terasa berat, lalu saya berfikir apa harus ganti laptop nih ? Tapi ya kalian tahu lah, budget anak kuliahan tidak terlalu besar. Suatu hari ada salah satu teman Saya yang menyarankan laptop Asus yang baru aja keluar. Asus memang terkenal dengan produk laptopnya yang memiliki varian beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Ya, Asus Vivobook A407, itu kata teman Saya. Penasaran kan gimana sih isi jeroan dan juga kelebihan laptop ini dibandingkan dengan type lain ? Yuk simak ulasan berikut.
DESAIN
1,5kg
Weight
21,9mm
Dimensions
ASUS IceCool
Smart Cooling System
Inilah Asus Vivobook A407, pada dasarnya Asus Vivobook A407 adalah laptop dengan harga terjangkau jadi Saya tidak bisa respect banyak dari build qualitynya yang plastik, tapi Asus pintar dalam menghias bahan plastiknya seperti tampilan brushed metal ditambah logo Asus dibagian belakang. Dibagian bawah ada lubang udara yang berarti laptop ini mengambil udara dari bawah laptop, jadi jangan dipakai load berat di atas kasur yang bisa menutupi lubang masuk udaranya. Ditambah dua speaker down firing yang kualitasnya tidak jelek dan cukup bagus, overall bobot dari laptop ini sudah cukup ringan. Pas dibuka laptop ini juga cukup mudah.

Oh iya, laptop ini memiliki dimensi body sebesar 328 x 246 x 21.9 mm, dengan body setipis itu A407 memiliki berat hanya 1,5 kg saja, cukup ringan bukan ? Pasti kalian berfikir laptop setipis ini apakah tidak mudah panas ? tenang saja Asus memiliki teknologi pendingan yang dinamakan ASUS IceCool.

Pendinginan laptop adalah bagian yang sangat penting karena langsung memengaruhi pengalaman komputasi Anda. Teknologi ASUS IceCool menggunakan kontrol kipas yang pintar serta desain yang cerdas untuk menciptakan sistem pendinginan yang efisien dan dapat menjaga suhu permukaan palm rest rata-rata di bawah 36° C – lebih rendah dari suhu tubuh – sehingga Anda mendapatkan kinerja pendinginan yang kuat dan pengalaman pengguna yang nyaman.

LAYAR
14″
HD Display
7,1mm
NanoEdge Display
178°
Wide Viewing Angle
Laptop ini memiliki ukuran layar sebesar 14 inch 16:9 dengan resolusi sebesar 1366x768px atau HD dengan Anti-Glare 60Hz Panel, dengan akurasi warna sebesar 45% NTSC, yang berarti SRGBnya sekitar 63%, karena laptop ini menggunakan panel TN jadi layarnya tidak setajam laptop dengan panel IPS. Dengan bezel yang tipis hanya 7,1mm dari rasio layar-ke-tubuh 73,8%, laptop ini dibekali dengan teknologi NanoEdge display yang membuat tampilan layar laptop ini akan terlihat lebih lebar dalam body yang kecil.

Asus juga menyematkan sebuah software yang bisa Kalian gunakan untuk mengatur tingkat akurasi warna, nama aplikasinya adalah ASUS SPLENDID.

ASUS Splendid memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyesuaikan pengaturan tampilan yang memberikan pengalaman seperti kertas yang lebih baik dan ringan untuk mengurangi ketegangan mata untuk membaca waktu yang lama atau mode Vivid memberikan preset untuk memperkaya warna layar. Jadi visual dari A407 akan tampak lebih hidup dan sangat cocok bagi Kalian yang hobi desain grafis. Ada 4 mode dalam aplikasi  Asus Splendid ini.
Normal
Kombinasi gamma yang konsisten dan temperatur warna disemua panel ASUS Splendid menandakan bahwa dalam Normal mode, warna ditampilkan secara akurat dan konsisten, dan mirip dengan warna aslinya. Gambar yang Anda lihat melalui panel ASUS tampak menyerupai dengan apa yang Anda lihat dengan mata Anda sendiri.
VIVID
Mode ini cocok bagi Kamu konten kreator yang sering melakukan editing foto maupun video. Fitur pada mode ini dapat mengoptimalkan kontras dan warna serta tingkat ketajaman gambar yang lebih baik untuk menghasilkan hasil foto dan video yang menakjubkan.
EYE CARE
Eye Care mode adalah mode khusus yang dirancang untuk menjaga mata Anda nyaman selama melihat layar dalam waktu yang lama. Terlalu banyak terpapar cahaya biru yang dihasilkan oleh pencahayaan buatan yang modern – termasuk yang dipancarkan oleh layar LCD – diperkirakan mempengaruhi kesehatan mata. ASUS Eye Care mode mengurangi emisi cahaya biru hingga 30% (tergantung pada karakteristik dari panel LCD) sehingga mata Anda selalu dilindungi ketika Eye Care mode ini digunakan.
MANUAL
Dalam Manual mode, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan temperatur warna sesuai dengan selera Anda, dari kisaran -50 hingga +50, dengan menggunakan kontrol slider sederhana. Misal, ketika Kamu bekerja dalam kondisi pencahayaan yang berbeda, atau hanya ingin menyesuaikan sesuai dengan preferensi Anda untuk menampilkan warna yang lebih sejuk atau hangat.
PERFORMA
Core i3
Intel Processor
8GB
DDR4 RAM
2GB
MX110 NVIDIA® GPU
Prosesor
Asus Vivobook A407 ini dibekali dengan dengan prosesor masa lalu yaitu Intel Core i3 6006U generasi ke-6 Skylake dengan clockspeed sebesar 2.0Ghz (3M Cache). Jenis prosesor dengan embel-embel U dibelakangnya itu tandanya prosesor tersebut memiliki low power atau penggunaan daya yang rendah jadi meminimalisir penggunaan daya yang hanya sebesar kurang lebih 15watt saja dan penggunaan baterai pun akan bisa lebih lama lagi. Dengan prosesor tersebut sudah bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari Kamu seperti mengerjakan tugas kuliah atau kantor, editing video, desain grafis, hingga bermain game.
Kartu Grafis
Dengan harga yang terjangkau, Asus menghadirkan kartu grafis NVIDIA GeForce MX110 dengan VRAM sebesar 2GB GDDR5. VGA dengan tipe ini adalah yang paling baru dari NVIDIA. Dengan kartu grafis tersebut Anda bisa menjalankan semua aktifitas pekerjaan Anda seperti editing foto, video, dan juga bermain game dengan lancar. Cocok sekali bagi kamu seorang konten kreator yang terjun di dunia youtube.
Memori dan Storage
Laptop ini dibekali dengan RAM sebesar 4GB DDR4 2400MHz SDRAM dan jika Kamu ingin menambahkan kapasitasnya lagi, Asus masih menyediakan 1 slot kosong dan bisa diupgrade sampai 8GB SDRAM. Sudah menjadi standar bagi laptop keluaran baru untuk menyematkan RAM berkapasitas minimal 4GB. Untuk segi penyimpanan Asus menanamkan Hard Disk berkapasitas 1TB SATA, dengan kecepatan 5400rpm, menurut Saya cukup disayangkan ya kecepatannya cuma 5400rpm, tapi kalian bisa upgrade HDD tersebut dengan menggunakan SSD.
Dengan RAM 4GB dan juga HDD 1TB itu sudah lebih dari cukup bagi Kamu yang ingin mulai membuat karya-karya bagu sebagai konten kreator, atau Kamu yang ingin upgrade laptop lama mu ke Asus Vivobook A407 ini.
Sistem Operasi
Ini nih yang Saya suka dari Asus. Sejak tanggal 23 November 2017 semua notebook ASUS sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 secara pre-installed. Jadi mulai sekarang, setiap kali kamu membeli notebook ASUS, mulai dari notebook premium, ultrabook dan convertible, sampai ke notebook gaming; semuanya dilengkapi sistem operasi Windows 10 (Home dan Pro Edition). Tak lupa, notebook mainstream dan model terjangkau pun akan hadir dengan Windows 10. Tidak lupa juga, Asus Vivobook A407 ini juga sudah dilengkapi dengan Windows 10 Home, jadi Kamu tidak usah repot-repot install OS lagi.
Port I/O
Bicara tentang port, Asus menyuguhkan jalur koneksi yang sangat lengkap. Di sisi kiri laptop tersedia port HDMI, USB 3.0, audio combo dan MicroSD Card Reader. Di sisi kiri masih terdapat pula satu port USB 2.0 port, oh ya di sini DVDROM harus absen dulu hehehe. Untuk kebutuhan sehari-hari Saya rasa sudah sangat cukup.
FINGERPRINT SENSOR
Ini yang paling spesial dari A407. Hadirnya fingerprint sensor, atau pemindai sidik jari yang pastinya akan memudahkan pengguna untuk login ke Windows dengan Windows Hello. Fungsi pengenalan 360° meningkatkan akurasi pemindaian, meskipun tangan Kamu dalam keadaan basah dan pastinya punya respon yang cepat pada saat memindai.

Jadi Kamu sudah tidak perlu lagi nih mengingat dan mengetik kata sandi yang rumit, dan tentu saja tidak perlu khawatir dicuri. Fingerprint sensor ini terletak di bagian kanan atas touchpad jadi sangat mudah dijangkau. Sepertinya semua laptop zaman now juga harus pakai fitur ini deh hehehe.

AUDIO
ASUS SonicMaster dan ASUS Audio Wizard memberikan perpaduan sempurna antara perangkat keras, perangkat lunak, dan penyetelan audio yang dirancang dengan tujuan memberi Anda pengalaman audio terbaik. ASUS SonicMaster menggunakan codec kelas profesional untuk memastikan pengkodean dan penguraian audio yang tepat, dan menggunakan amplifier, speaker besar, dan ruang resonansi yang sangat cocok untuk perangkat khusus Anda.

ASUS Audio Wizard adalah software yang berfungsi untuk mengubah kompsisi audio sesuai dengan kebutuhan Kamu. Software ini juga menawarkan opsi pengaturan manual, sehingga Anda dapat mengontrol sepenuhnya pengaturan audio Anda untuk suara yang benar-benar sempurna.

SPESIFIKASI LENGKAP

 

Prosesor

Intel® Core™ i3 6006U Processor 2.0 GHz (3 M Cache)

Sistem Operasi

Windows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro

Memori

4 GB DDR4 2400MHz SDRAM, 1 x SO-DIMM socket , up to 8 GB SDRAM

Layar

14.0″ (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
Support ASUS Splendid Technology

Grafis

NVIDIA GeForce MX110 , with 2GB GDDR5 VRAM

Penyimpanan

1TB 5400RPM SATA HDD

Kamera

VGA Web Camera

Konektifitas

Wi-Fi Integrated 802.11b/g/n Integrated 802.11 AC , Bluetooth Built-in Bluetooth V4.1 (On selected models)

Interface

1 x COMBO audio jack
1 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x HDMI
1 x micro SD card

Audio

Built-in Stereo 2 W Speakers and Microphone

ASUS SonicMaster Technology

Baterai

3 Cells 33 Whrs Battery

Daya

Output :
19 V DC, 2.37 A, 45 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal

Dimensi

328 x 246 x 21.9 mm (WxDxH)

Berat

1.5 kg with Battery

Keamanan

BIOS Booting User Password Protection
HDD User Password Protection and Security
Security lock
fTPM (Firmware-based Trusted Platform Module)

Garansi

2 tahun garansi hardware global

warna dan harga

Asus Vivobook A407 ini hadir dengan 2 varian warna, yaitu Star Grey seperti pada gambar sebelah kiri dan Icicle Gold seperti pada gambar sebelah kanan, jadi cocok banget bagi kamu cewek atau cowok yang ingin memiliki laptop tersebut. Daritadi kita cuma bahas spesifikasinya aja nih, pasti Kalian penasaran berapa harganya hehehe….

Asus mengeluarkan 2 tipe varian dari laptop A407, yang pertama adalah A407UB dengan harga Rp. 6,4 juta, dan juga A407UA dengan harga Rp. 5,7 juta. Lalu apa perbedaannya ? perbedaannya hanya terletak pada kartu grafisnya saja, A407UB menggunakan NVIDIA GeForce MX110, sedangkan A407UA menggunakan Intel HD saja alias VGA on board, cocok bagi kamu yang mempunya budget minim.
KESIMPULAN

Bisa Kamu lihat sendiri, artikel Saya di atas tidak ada satupun gambar infografis, ya kalian tahu lah laptop yang sedang Saya pakai ini performa nya sudah menurun, untuk membuka photoshop atau coreldraw saja sudah keringetan hehehe. Nah, oleh sebab itu jika sewaktu hari nanti ada rezeki, Saya akan membeli laptop Asus ini agar Saya bisa meningkatkan kualitas ngeblog Saya, tidak hanya tulisan saja namun juga editing grafis yang bagus demi menunjang kualitas artikel tersebut. Dengan harga terjangkau sudah dapat spesifikasi yang wow. Bagaimana menurut sobat ? tertarik dengan laptop ini ?

Bagi kalian konten kreator bisa mengambil Asus Vivobook tipe A407UB karena sudah dilengkapi dengan grafis NVIDIA, jadi kalian tidak usah takut ngelag lagi :D. Dengan Asus Vivobook A407 ini diharapkan para konten kreator bisa lebih mengembangkan kualitas kontennya menjadi lebih baik lagi, laptop udah bagus pakai A407 masa kontennya biasa-biasa saja ? hehehe.

Oke sekian review dari Saya tentang Asus Vivobook A407, semoga bermanfaat. Saya selaku Admin mohon maaf jika terjadi kesalahan dalam penulisan ataupun informasi yang diberikan.

Referensi : https://www.asus.com/id/Laptops/A407UB/Features/

Ditulis oleh Fadhilatur Rochman, pada 10 Juni 2018, kategori Review
Share This